Advanced Web Desain – Perbedaan Antara Client-Side Dan Server-Side Teknologi

Advanced Web Desain - Perbedaan Antara Client-Side Dan Server-Side Teknologi

Advanced Web Desain - Perbedaan Antara Client-Side Dan Server-Side Teknologi

Tidak ada percakapan tentang desain web akan lengkap tanpa mengatasi kedua sisi klien dan server-side teknologi. Untuk pengguna internet rata-rata terminologi ini mungkin sedikit membingungkan. Namun jika Anda berencana untuk menyewa perusahaan desain web untuk membuat situs web perusahaan Anda itu adalah ide yang baik untuk memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana proses bekerja sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Untungnya Anda tidak perlu gelar yang lebih tinggi dalam desain web untuk mengembangkan pemahaman yang memadai dari topik ini.

Mungkin cara termudah untuk memahami perbedaan antara sisi klien dan server-side teknologi adalah mempertimbangkan bagaimana sebuah halaman web standar akan ditampilkan. Biasanya ada dua pemain yang terlibat dalam skenario itu – komputer dan browser di mana halaman pada akhirnya ditampilkan klien dan lokasi di mana halaman web benar-benar berada server . Dalam hal desain web bahasa pemrograman yang berbeda dan teknologi yang digunakan pada setiap sisi skenario ini untuk memfasilitasi transfer informasi dan bagaimana ia ditampilkan. Tentu saja tujuan akhir dari proses ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna akhir.

Sebuah restoran sibuk adalah salah satu analogi yang umum digunakan untuk menggambarkan bagaimana proses ini bekerja. Katakanlah Anda berjalan ke restoran favorit Anda pada saat jam makan siang dan ambil kursi. Anda klien hanya salah satu di antara banyak pelanggan sedangkan restoran server harus mengakomodasi permintaan banyak pelanggan sekaligus.

Dengan cara yang sama ketika Anda menampilkan suatu halaman web dari rumah Anda browser dan komputer yang Anda gunakan untuk melihatnya dengan merepresentasikan sisi klien dari persamaan ini. Dalam pengertian dasar Anda adalah seorang pelanggan dari situs web tertentu. Ketika Anda mengetikkan sebuah nama domain ke dalam browser web Anda halaman dikembalikan. Bagaimana browser Anda menampilkan halaman tersebut akan tergantung pada sejumlah faktor termasuk apa teknologi browser Anda mendukung. Beberapa contoh umum teknologi client-side termasuk HTML Cascading Style Sheets CSS dan JavaScript. Ini dan lainnya sisi klien teknologi memungkinkan elemen interaktif seperti menu rollover berfungsi pada browser pengguna akhir.

Untuk melanjutkan analogi di atas restoran server adalah tujuan di mana banyak klien pergi untuk melihat situs web atau halaman yang bersangkutan. Oleh karena itu sisi server bertanggung jawab untuk menanggapi dan menafsirkan berbagai permintaan. Dari sudut pandang desain web server-side teknologi memungkinkan banyak kemungkinan menarik dalam hal membuat situs web dinamis. Contoh umum dari teknologi server-side termasuk PHP CGI Common Gateway Interface ColdFusion dan JSP JavaServer Pages . Ini server-side scripting bahasa memungkinkan untuk memproses dan menyajikan berbagai data dan informasi terkait ke situs web Anda.

Sekali lagi Anda tidak perlu memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang bagaimana masing-masing teknologi bekerja. Namun Anda akan ingin menjadi akrab dengan konsep-konsep ini sebelum memulai proyek web desain Anda sehingga Anda dapat memilih sebuah perusahaan desain dan penyedia web hosting mampu memenuhi jangka panjang Anda kebutuhan. Jadi pastikan untuk mengajukan pertanyaan spesifik tentang apa yang penyedia layanan baru Anda dapat mendukung dalam hal bahasa scripting dan teknologi. Melakukan penelitian Anda pada tahap ini akan memastikan bahwa situs web Anda akan berfungsi bagaimana Anda inginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s